Senin, 01 September 2008

: Minggu Meriah di Carrefour Ahmad Yani, Surabaya :

(TMMB project)

Supermarket Carrefour di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, yang sejak tanggal 28 Agustus 2008 secara resmi dibuka menggantikan Alfa, Minggu malam, 31 Agustus 2008, lalu ramai dipadati pengunjung. Menumpuknya pengunjung di Carrefour ini disebabkan karena supermarket ini baru saja dibuka, juga karena Minggu malam yang lalu merupakan "tanggal tua" atau "tanggal gajian".
Secara keseluruhan, produk-produk yang ditawarkan di supermarket ini jauh lebih lengkap dan bervariasi dibandingkan supermarket sebelumnya. Namun, menurut pengamatan saya, pelayanan yang diberikan kurang memuaskan. Sebuah contoh sederhana, ketika saya dan keluarga mulai masuk ke dalam supermarket ini, kami kesulitan mendapatkan trolley barang. Ketika saya mencoba bertanya pada penjaga yang berada di dekat pintu masuk, ia hanya menjawab sekadarnya saja tanpa berusaha membantu. Kemudian saya berusaha mencari sendiri. Untuk mendapatkan sebuah trolley, saya harus berjalan ke tempat kasir dan menunggu trolley milik pembeli lain yang sudah kosong.
Mengenai sistem pembayaran, supermarket ini telah memberikan pelayanan yang baik. Namun karena jumlah kasir yang buka tidak sesuai dengan jumlah pengunjung yang mengantri, maka di sepanjang kasir terjadi desak-desakan antara pengunjung yang akan membayar dengan yang akan lewat melihat-lihat barang di sana.
Dengan demikian, perlu adanya perubahan, baik dalam sistem internal perusahaan, maupun pelayanan terhadap konsumen. Karena image yang baik akan terbentuk karena pelayanan yang baik pula.

1 komentar:

s-(H)-i-(A)-v-(N)-a-(S)-n-o mengatakan...

tanggal tua bukannya tanggal gaji habis smua, rin? :P